All for Joomla All for Webmasters

Hindari Kata-Kata Berikut Dalam Resume-mu

07 July 2015
(1 Vote)
Author :  

Hai para alumnus, usahamu dalam mencari pekerjaan  memang sulit, terlebih bagi kamu yang benar-benar lulusan baru dan belum ada pengalaman kerja sama sekali. Satu-satunya cara untuk kamu menonjol dibandingkan kandidat lain adalah dengan membuat resume yang menakjubkan. Tidak sulit kok. Cukup pastikan kata-kata berikut enyah dari resume-mu.

Hapus Kata Berikut dari Resume Kamu Sekarang

  1. Pekerja Keras

Para perekrut tentu sudah memiliki asumsi bahwa setiap pelamar kerja merupakan seorang yang pekerja keras, sehingga sebetulnya kamu tidak perlu menuliskan kualifikasi ini di dalam resume-mu. Isi resume yang kamu buat sudah seharusnya menunjukkan bahwa kamu seorang pekerja keras, tanpa perlu menuliskankannya. Contohnya, ketika kamu menyelesaikan kuliah sembari bekerja. Tentulah hal tersebut menunjukkan bahwa kamu pekerja keras kan?

  1. Dapat Bekerja Dalam Tim

Ketika kamu menuliskan salah satu kualifikasimu adalah dapat bekerja dalam tim atau team player, namun sayangnya kamu belum memiliki pengalaman kerja, maka kualifikasimu ini sia-sia dan percuma. Perkuat resume-mu dengan menghapus kualifikasi team player dan tambahkan pengalaman yang dapat menjelaskan bahwa kamu seorang yang dapat bekerja dalam sebuah tim. Jelaskan mengenai kontribusimu ketika kamu menangani sebuah project yang berakhir dengan sukses.

  1. Detail Oriented

Ketika kamu menulis detail oriented atau kamu merupakan orang yang sangat detail, sebenarnya secara tidak langsung kamu menantang perekrut untuk menemukan kesalahan dalam resume yang kamu buat. Jika mereka menemukan kesalahan, seperti kesalahan ejaan atau tanda baca, maka sudah pasti perekrut akan menanyakan seberapa detail dirimu. Dibandingkan menuliskan kamu sebagai seorang detail oriented, sebaiknya kamu fokus untuk membuat resume yang dapat mengesankan perekrut.

  1. Bertanggung Jawab Terhadap ______

Setiap karyawan pasti mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga menuliskan apa saja yang menjadi tanggung jawabmu tidak terlalu mengesankan perekrut. Ganti kata tanggung jawab menjadi kata kerja aktif lainnya seperti memimpin dalam ___, mengatur ___, atau menangani ___, untuk menggambarkan apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawabmu. Hal ini akan membantu perekrut mempunyai gambaran seberapa insiatif kamu dalam menangani sebuah project.

  1. Gaji Bisa Dinegosiasi

Perekrut mempunyai anggapan bahwa mereka bisa menego gaji yang diinginkan oleh setiap pelamar kerja. Sehingga, menuliskan keterangan: salary negotiable mempunyai kesan bahwa kamu sedang mengisi kekosongan karena kamu kekurangan penghargaan yang bisa ditulis. Perekrut masih bisa menanyakan referensi terhadap kandidat, sehingga kamu tidak perlu menulis referensi yang bisa ditanyakan. Selalu siap dengan gaji minimal yang bisa ditawarkan ketika kamu melamar pekerjaan, namun gaji tersebut jangan pernah kamu tuliskan dalam resume. Ingat, gaji seharusnya dibicarakan saat wawancara kerja, bukan dituliskan dalam resume.

0 Comment 320 Views
Super User

Terima kasih sudah berkunjung d website cdc Politeknik Akamigas Palembang, silahkan di share jika artikel kami bermanfaat dan jangan upa memberi komentarnya

Leave your comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Tentang Kami

Career Development Centre (CDC-PAP) adalah sebagai wadah dalam mengembangkan SDM untuk menjadi tenaga kerja yang lebih kompeten dan siap pakai. CDC-PAP bertujuan menjadi mediator yang baik antara para pencari kerja dengan perusahaan/instansi/industri yang sedang membutuhkan tenaga kerja, Selengkapnya..

Pengunjung Online

We have 32 guests and no members online

Kontak Kami

SEKRETARIAT CDC POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG

Jalan Kebon Jahe Gedung Diklat RU III Komperta Plaju, Palembang

Telp ; +62 (811) 7810800

Email : cdc@pap.ac.id

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…